Cara membuat support dan resistance yang benar

Cara membuat garis support dan resistance Untuk mendapatkan profit dalam trading forex, banyak strategi yang dapat diterapkan oleh trader. Masing masing trader memiliki gaya tersendiri dalam menganalisa pasar. Beberapa dari mereka menggunakan indikator untuk memperoleh informasi tentang harga ke depan. Namun tidak semua trader memilih memanfaatkan indikator untuk menganalisa, banyak dari mereka yang cenderung menggunakan chart kosong dan hanya memanfaatkan tarikan garis garis tertentu. Kedua tipe trader ini tentu mempunyai alasan masing masing. 
Gambar Cara membuat support dan resistance
Apapun strategi yang digunakan, Suppport dan resistance (SnR) tetap mempunyai peranan yang sangat penting. Karena SnR adalah area terbaik dalam menentukan Open posisi. Dari area ini juga kita akan tahu apakah harga berlanjut atau berbalik. Jika diibaratkan, titik support dan resistance ini adalah terminal dalam pemberhentian dan pemberangkatan bus. Di area ini lah para trader berhenti sejenak, dan melakukan tawar menawar untuk menentukan apakah harga berlanjut atau berbalik. Kita sebagai retail trader dapat memanfaatkan peluang ini dengan mendapatkan informasi yang ada. 

Cara membuat garis support dan resistance

Membuat garis support dan resistance atau (SnR) sangatlah sederhana sekali, kita hanya perlu mengetahui wave high dan wave low nya. Selain itu kita juga dapat melihat titik titik mana yang sering membuat harga memantul. Support resistance yang baik adalah area dimana harga sering memantul di daerah tersebut. Singkatnya SnR adalah area harga sebelumnya yang memberikan reaksi pada area harga saat ini. Untuk memulai membuatnya, hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah melihat wave high dan low. Perhatikan gambar berikut ini;

Gambar Titik support dan resistance

Yang dimaksud dengan Support adalah benteng pertahanan bawah, dimana harga sering memantul, sedangkan Resistance adalah benteng pertahanan atas dimana harga sering memantul di area tersebut. Dari garis atau titik SnR ini lah kita dapat membuat spekulasi untuk analisa kedepannya. 

Menentukan area support dan resistance

Yang perlu diingat adalah bahwa SnR sebenarnya bukanlah ditentukan oleh sebuah titik, melainkan area. Setelah kita mendapatkan sebuah garis, selanjutnya kita menentukan area disekitar garis tersebut. Karena fenomena yang terjadi, terkadang harga “TIDAK SELALU” menyentuh tepat di garis SnR melainkan disekitar garis tersebut, baik sebelumnya atau melebihi. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa salah besar jika kita mengatakan SnR adalah sebuh titik, dan yang benar adalah sebuah area. Silahkan anda perhatikan gambar berikut ini;

Gambar Area support dan resistance

Dari gambar tersebut sangat jelas bahwa Support dan resistance tidaklah terdiri dari sebuah garis saja, melainkan dua buah garis yang membentuk sebuah area.

Cara menggunakan Support Resistance dalam analisa

Setelah kita memahami tentang fungsi dan cara membuat SnR, selanjutnya kita akan belajar sedikit tentang cara penggunaannya. Apapun strategi yang digunakan, penggunaan SnR ini tetaplah sama, yaitu menunggu harga mencapai area tersebut, sebelum melakukan open posisi. Perhatikan gambar berikut ini;

Gambar Cara menggunakan support resistance

Dari gambar tersebut kita dapat melihat bahwa harga sudah berada di area support dan resistance, maka yang kita lakukan selanjutnya adalah menunggu adanya konfirmasi (indikator/candle) untuk bersiap siap melakukan open posisi “BUY”. 

Gambar memanfaatkan menggunakan support resistance

Dari gambar diatas, harga sedang berada diantara support dan resistance (tengah tengah), maka yang harus kita lakukan adalah menunggu hingga harga mencapai area tersebut terlebih dahulu. Jika harga sudah mencapai area atas maka kita siap siap untuk membuka posisi “SELL” jika harga mencapai area bawah maka kita siap siap untuk membuka posisi “BUY”. Jika harga masih berada ditengah tengah kita belum dapat membuka posisi. Maka kita menunggu area mana yang di datangi oleh harga, maka di area itulah tempat yang tempat untuk melakukan OP.
Tips: Dalam menggunakan SnR ini, sangat ditekankan untuk menghindari penggunaan di TF kecil seperti M5 atau M1. SnR ini sangat memberikan pengaruh yang kuat apa bila SnR tersebut terbentuk dari TF yang besar, H4, daily, weekly, dsb.

Itulah sekilas tentang bagaimana cara membuat dan menentukan support resistance. Jika anda masih merasa bingung atau ingin bertanya, silahkan tulis pertanyaan anda di kotak komentar yang telah saya sediakan.

Artikel menarik lainnya

1 comments:

Sampaikan comments
March 13, 2017 at 8:01 PM delete

assalamualaikum, sekiranya saya mahu menandakan di body candle boleh tak?

Reply
avatar